Iklim organisasi adalah sesuatu yang menggambarkan suasana dan apa yang
dirasakan nyata dalam diri dari orang-orang yang berhubungan dengan organisasi,
sehingga memungkinkan orang bereaksi dengan bermacam-macam cara terhadap
organisasi melalui proses komunikasi. Dalam contoh kasus pegawai negeri, iklim
yang terdapat dalam lingkungan organisasi tersebut menggambarkan suasana
“agak malas”, yang dapat dilihat dari kegiatan keseharian dari para pegawai
negeri pemerintahan tersebut, mereka kurang bertanggung jawab dengan waktu
bekerja, kualitas pekerjaan dan juga tanggung jawab terhadap pekerjaan kurang.
Dalam suatu organisasi, seperti pada pegawai negeri pemerintahan, iklim komunikasi organisasi di dalamnya lebih penting, daripada keterampilan dari setiap SDM atau dapat dikatakan bahwa teknik komunikasi semata-mata dibutuhkan dalam menciptakan suatu organisasi efektif, sedangkan iklim organisasi lebih sangat dibutuhkan dalam mendukung jalannya teknik komunikasi tersebut. Sehingga apabila teknik komunikasinya baik, tetapi iklimnya tidak mendukung (jelek/konflik), maka tujuan dari organisasi tidak tercapai, di sini tujuan yang ingin dicapai adalah disiplin kerja yang baik sehingga menghasilkan pekerjaan yang baik pula, tetapi iklim yang ada tidak mendukung sehingga disiplin kerja pada pegawai negeri pemerintahan rendah (kurang bertanggung jawab). Disiplin kerja selain dipengaruhi faktor lingkungan kerja, juga dipengaruhi faktor kepribadian. Ketidakhadiran salah satu faktor menyebabkan pelanggaran.
Dalam suatu organisasi, seperti pada pegawai negeri pemerintahan, iklim komunikasi organisasi di dalamnya lebih penting, daripada keterampilan dari setiap SDM atau dapat dikatakan bahwa teknik komunikasi semata-mata dibutuhkan dalam menciptakan suatu organisasi efektif, sedangkan iklim organisasi lebih sangat dibutuhkan dalam mendukung jalannya teknik komunikasi tersebut. Sehingga apabila teknik komunikasinya baik, tetapi iklimnya tidak mendukung (jelek/konflik), maka tujuan dari organisasi tidak tercapai, di sini tujuan yang ingin dicapai adalah disiplin kerja yang baik sehingga menghasilkan pekerjaan yang baik pula, tetapi iklim yang ada tidak mendukung sehingga disiplin kerja pada pegawai negeri pemerintahan rendah (kurang bertanggung jawab). Disiplin kerja selain dipengaruhi faktor lingkungan kerja, juga dipengaruhi faktor kepribadian. Ketidakhadiran salah satu faktor menyebabkan pelanggaran.
0 Komentar Blog: